Sang Pecundang

Dengan Menyebut Nama Allah
TuhanKu Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Tidak terasa sudah satu tahun saya melakukan perjalanan. Perjalanan yang berawal dengan niat dan tujuan yang baik. Perjalanan yang mungkin tidak akan dimengerti oleh sebagian orang (baca: teman-teman). Perjalanan yang sangat dibenci oleh mereka yang punya penyakit di hatinya. Terkenang kembali kata-kata Sang Guru ”Buat saja blog dan tulis”. Ajakan yang awalnya tidak saya gubris tetapi setelah melalui pemikiran yang cukup singkat maka diputuskan muncullah blog Secondprince ini.

Secondprince, Nickname yang menurut sebagian orang berkelas :mrgreen: (gini nih baru mulai udah narsis) tetapi kenyataannya tidak begitu. Secondprince adalah bentuk dari kesombongan yang tertahan oleh perasaan rendah diri dan kejujuran. Kejujuran yang menghiasi rasa iri hati dengan harapan mencegah dari lupa diri. Terlalu sulit ya kata-katanya. 😦

Simpelnya, nickname ini jauh ada sebelum blog ini dibuat. Dahulu sejarahnya, ada seseorang dengan kepintaran(baca: keanehan) luar biasa yang dipanggil dengan sebutan mewah nan aneh Firstprince. Beliau adalah pribadi yang selalu (baca:terbiasa) jadi yang pertama dan memang bertampang Prince. Bahkan di saat akhirpun Esai beliau adalah esai paling sempurna di Akademi (berbeda nasibnya dengan saya yang terkubur di loker sisa). 😈

Sebagai seorang yang tidak lebih bodoh dari dia (sangat jelas sekali :mrgreen: ) saya juga tidak mau kalah. Saya pun berkeinginan membuat gelar gila sendiri dan akhirnya setelah berpikir panjang dalam lorong yang sempit muncullah sebutan Secondprince. Sebutan yang pada awalnya cuma sekedar cuap-cuap. Begitulah dengan kekanak-kanakan, saya selalu menorehkan nama Secondprince itu pada setiap tulisan yang dipresentasikan di Akademi. Sudah jelas banyak yang tidak suka dan menganggap kegilaan saya sebagai sikap kekanak-kanakan yang berkualitas rendah. Bisa dibilang mereka semua mentertawakan sebutan yang jelas-jelas menampilkan rasa iri yang tersirat. Namun seiring dengan waktu sebutan itu entah mengapa sudah semakin terbiasa di telinga mereka. 😉

Jadi anda tahu sekarang bukan, nama itu sepertinya tidak memiliki harga selain rasa iri dan tidak mau kalah. Jika ada harga lain, paling-paling cuma kumpulan kompleks rendah diri yang tertutupi.

  • Bukankah kedua itu bukan yang pertama.
  • Bukankah dari awal sebutan kedua memiliki sebuah pengakuan bahwa diri ini memang tidak layak menjadi yang pertama.
  • Bukankah kedua itu berarti diri ini mengakui kalau dia itu memang yang pertama.

Rasa iri, tidak mau kalah tapi rendah diri, Heeeh (menghela napas)……Secondprince itu sepertinya memang pecundang :mrgreen:

Bisa dibilang, saya ini bukan siapa-siapa dan sepertinya memang nggak bakal jadi siapa-siapa. Kehidupan asli saya tidak menarik dan saya selalu merasa bahwa saya ini ”Orang yang paling mudah dilupakan”. Mudah berputus asa, pemalas, kerja yang tidak becus dan perhitungan. Semua itu harta berharga yang membuat saya menjadi Orang yang tidak mudah disukai orang lain. Jika ada satu-satunya hal buruk yang pantas dikeluhkan maka itu adalah Berpikir terlalu banyak. Mungkin itu sebabnya saya bisa menulis di blog ini. Kalau sekarang sih tema saya adalah Putus Asa. Si SP ini sudah berputus asa dengan Manusia.

  • Putus asa dengan dirinya yang terlalu banyak mengeluh.
  • Putus asa dengan kebanyakan manusia, Mengapa mereka tidak sempurna?.
  • Putus asa dengan Keputusasaan, Mengapa terasa menyakitkan?…..Jujur saja ya, SP ini tidak ada bagus-bagusnya.

Jika anda menganggap tulisan ini satir atau main-main, maka anda salah besar. Tulisan ini saya buat dengan penuh kejujuran. Beginilah saya dalam Kenangan Satu Tahun. Tetapi setidaknya saya masih beruntung

  • Saya masih punya orang-orang yang mencintai dan menyayangi saya
  • Saya masih punya kemampuan untuk bertahan hidup (entah sampai kapan), he he he dan
  • Saya bersyukur masih punya blog ini :mrgreen:

Dunia Maya ternyata menyenangkan, apalagi aktivitas Go-Blog ini yang kian hari kian ramai. Secara saya pribadi, saya mendapat banyak ilmu dari dunia ini. Ada banyak sekali guru-guru saya yang baik sadar atau tidak sadar telah memberikan banyak hikmah bagi saya. Saya persembahkan terimakasih buat mereka guru-guru saya, baik itu mereka yang punya blog sendiri atau mereka yang telah memberikan banyak masukan bagi SP Sang Pecundang.

Yah Dunia memang tidak membutuhkan apapun tetapi banyak dari Manusia benar-benar membutuhkan Dunia. Begitu banyak yang dilalui dan tak terasa Jiwa ini terkikis pelan-pelan. Kehidupan memberikan banyak pencerahan tetapi Diri ini tak pernah bisa bersanding dengan kepuasan.

Pencarian, entah apakah itu dalih, pembenaran atau pelarian telah membuat kehidupan ini terasa tidak berharga untuk dihabiskan. Aneh sekali, bukankah telah banyak sejarah Mereka para Pejalan yang terdampar dan putus asa di tengah Jalan. Teriakan mereka seperti tak terdengar karena tenggelam dalam hingar-bingar pemikiran dan gemerlap Intan yang bertopeng Kebenaran. Rintihan Mereka tidak pernah meluluhkan niat para Ksatria yang ingin meniti Jalan Tuhan. Para Ksatria itu seolah terbuai dengan keindahan semu di ujung Jalan. Sungguh Tuhan benar-benar Adil, Menempatkan sesuatu pada tempatnya .

  • Untuk Mereka yang Aneh Disediakan Tempat Yang Aneh.
  • Untuk Mereka yang tidak pernah puas diberikan Tempat yang tidak akan pernah memuaskan
  • Untuk Mereka yang gila akan diberikan Tempat yang terlarang

Tuhan Bekerja Dengan Cara Yang Tidak Terkatakan. Segala Puji BagiMu Tuhanku Yang Maha Agung. Semoga diri yang rendah ini diizinkan untuk Mati di Jalan Tuhan.

Salam Damai

22 Tanggapan

  1. wah hebat, tau kapan tanggal lahir weblognya. Aku sendiri gak tau kapan weblog Inilah Jalanku aku buat.

  2. @ressay
    Beda mas yass, yang romantis ama yg nggak romantis.. :mrgreen:
    @SP
    Semua manusia aneh (baca:unik), lihat saja dari pengunjung blog antum… :).
    Tulisan yang ini masuknya di kategori yg mana ya?
    Ditunggu jilid 2 nya tgl 05 Agustus 2009.

    It is always interesting to know what will happen in the future..

    Wassalam

  3. Benarkah dirimu tidak berguna? 🙄
    happy anniversary untuk blognya :mrgreen:

  4. Selamat, Anda telah melengkapi dunia maya dengan segala hal tentang kejujuran, kebenaran, kepahitan, dan komplkes kerendahdirian ….

    Keep blogging Bro, i’ll be waiting for your future post

  5. @truthseeker
    Jadi aku gak romantis yach? kok tau sih? hehehe…:D

  6. @ressay

    Jadi aku gak romantis yach?

    :mrgreen:

    kok tau sih?

    Yang ngasi tau mas Yass sendiri, saya cm kebagian analisa doank.. 😛
    Baca aja tuhh tulisan itikkecil dan hildaalexander, itikkecil lumayan romantis (paling gak lebih romantis dr mas Yass) dan hildaalexander pastinya lebih romantis lagi.. 🙂

    Wassalam

  7. Entah mengapa saya selalu merasa ada diskusi yang belum selesai dnegan Sang Pecundang. Memang ada, tapi entah kapan diselesaikan. Blog memang sangat terbatas.

  8. @SP
    slamat bang SP,sy kira dlm setahun ini sudah bnyk orang2 yg dpt pencerahan dr blog Anda..bang gentole pgn kopi darat nih
    @gentole
    blm prnh kopi darat kah dgn bang SP?smga pembicaraan 4 matanya cpt trwjd dan terselesaikan..

  9. @truthseeker

    :mrgreen: i’m not that romantic at all Pak. heuheuheu….

  10. @hildaalexander
    too early to say.. :mrgreen:

  11. @truthseeker

    how did you know? :mrgreen: i am wondering …

    kalo SP seh mungkin so romantic…. itikkecil he also is….. ressay mmmm you are right he doesnt even know what romatic-term is :mrgreen: sorry ser… (just kidding)…

    *halah kok jadi OOT seh*

  12. how i know it?, the same how you know them… 😛

    OOT? i think nobody care about it. We wait until somebody complaining.. :mrgreen:

  13. Ooo ultah ya? Bener nih?
    Selamat ultah….kapan bisa ketemu n ngobrol bareng?
    Kok judulnya Sang Pecundang..? ga pas.
    Sebaiknya diganti Romantisme Sang Pecundang :mrgreen:

    Anyway, thanks a lot ya karena di blog ini pertama kali saya bergabung berdiskusi dalam dunia maya dan mengenalkan pertama kali kepada saya bagaimana kebenaran itu diklaim, disampaikan, diuji. Bagaimana hujatan-hujatan, sinisme, prsangka-prasangka itu disikapi serta betapa berat untuk menjaga konsistensi atas suatu keyakinan.

    Tataplah masa depan yang begitu terbuka dan luas dimana kesempatan yang sama disediakan untuk semua orang.

  14. hayah telaaattttt!!!!

    SP happy ngeblog aja deh….
    semoga panjang umur blognya 🙂

  15. telat juga. selamat ultah dan terus menulis. saya cuma bisa baca-baca aja, ya… :mrgreen:

  16. Ultah… weblog sp nech…… ulang tahun Rosul aza bid’ah….. apalagi ulang tahun weblog…… super bid’ah dong jadinya…
    btw saya dan mungkin jg yang lain yang kurang dalam agama apalagi membaca hadist-hadist mendapat keuntungan dari blog ini dan juga menjadi lebih mengetahui hal-hal yang dulu tidak pernah tahu… karena sebelumnya saya hanya mengetahui hadist-hadist yang lurus2 aza… (hehehe…)dan yang bertentangan dengan yang umum tidak pernah tahu……
    SELAMAT ULTAH AZA……(TELAT JUGA NECH….)

  17. Gak setuju, You mungkin so strange but kalau pecundang gak mungkin banget ……….. 😛
    Blog ini sisi lain yang benar-benar lain, salam buat your beloved 😆

  18. @ressay
    nggak hebat kok Mas, biasa aja 🙂

    @truthseeker

    Semua manusia aneh (baca:unik), lihat saja dari pengunjung blog antum… :).

    mana, mana itu yang aneh
    *celingak celinguk nggak jelas*

    Tulisan yang ini masuknya di kategori yg mana ya?

    kategori cerita dan iseng :mrgreen:

    Ditunggu jilid 2 nya tgl 05 Agustus 2009.

    wah nggak tahu juga ya bisa bertahan apa nggak, sekarang aja blog ini udah sekarat 😦

    It is always interesting to know what will happen in the future..

    Idem :mrgreen:

    @Mbak Ira
    yah entah mengapa saya tidak pernah bisa meyakinkan diri saya bahwa saya adalah salah satu makhluk yang berguna 😦
    terimakasih ya 🙂
    Salam

    @Mbak Hilda
    memang begitulah seorang pecundang, selalu nggak jelas 🙂
    Jangan menunggu deh, ntar Mbak kecewa :mrgreen:

    @truthseeker
    saya nggak ngerti lho apa itu romantis
    bisa tolong ajarin saya 🙂
    *wah rupanya blog legendaris Ressay itu tidak romantis 😆 *

    @Gentole
    Ah iya semoga Tuhan mengizinkan kita untuk berdiskusi lagi dan menyelesaikan yang belum atau tak terselesaikan :mrgreen:
    Salam

    @Arif
    wah siapa ya yang mendapat pencerahan dari blog ini
    jadi nggak enak nih 🙂

    @Mbak Hilda

    kalo SP seh mungkin so romantic…

    Kayaknya nggak deh 🙂

    @truthseeker

    OOT? i think nobody care about it. We wait until somebody complaining.

    Ikutan menunggu :mrgreen:

    @armand

    Ooo ultah ya? Bener nih?
    Selamat ultah….kapan bisa ketemu n ngobrol bareng?

    Terimakasih, bukannya udah sering nih ngobrol disini 🙂

    Kok judulnya Sang Pecundang..? ga pas.
    Sebaiknya diganti Romantisme Sang Pecundang

    justru itu yang nggak pas, SP itu nggak romantis

    Anyway, thanks a lot ya karena di blog ini pertama kali saya bergabung berdiskusi dalam dunia maya dan mengenalkan pertama kali kepada saya bagaimana kebenaran itu diklaim, disampaikan, diuji. Bagaimana hujatan-hujatan, sinisme, prsangka-prasangka itu disikapi serta betapa berat untuk menjaga konsistensi atas suatu keyakinan.

    Anyway, saya juga beruntung bisa bertemu dengan banyak orang hebat di dunia maya 🙂

    Tataplah masa depan yang begitu terbuka dan luas dimana kesempatan yang sama disediakan untuk semua orang.

    Anehnya saya malah menatap kekosongan di masa depan 😦

    @Mbak Snowie
    Terimakasih, semoga Mbak juga happy terus ya 🙂

    @sitijenang
    terimakasih sudah bersedia membaca 🙂
    Salam

    @Oezie
    Terimakasih juga

    karena sebelumnya saya hanya mengetahui hadist-hadist yang lurus2 aza… (hehehe…)dan yang bertentangan dengan yang umum tidak pernah tahu……

    Sepertinya saya ini nggak lurus ya 😆

    @Your Friend
    Ah Dikau ganti email lagi, rajin banget
    saya lebih suka jadi pecundang ketimbang jadi strange 😛

    Blog ini sisi lain yang benar-benar lain, salam buat your beloved

    Huss dilarang ngegosip disini, haraaaaam :mrgreen:
    Salamnya buat saya saja ya 😆

  19. @SP

    justru itu yang nggak pas, SP itu nggak romantis

    Ngotot ama sehhh.. 😛

    Anehnya saya malah menatap kekosongan di masa depan 😦

    Hebatt…beruntung yang bisa melihat kekosongan di masa depan, berarti masih ada ruang yang bisa diisi.. 😛

    Huss dilarang ngegosip disini, haraaaaam :mrgreen:

    Hiihihihi..takut yaaa, banyak comment kayak gini, lama2 bisa ketauan identitas SP.. 😛

    Wassalam

  20. Wah kayanya super telat nih mau bilang selamatnya.. tapi telat masih lebih baik dari ga sama sekali.
    (tetep bela diri huehuehuehue)
    Selamat buat Blog ini, baik Sang Pecundang atau yang ga Romantis tapi isi Blog ini benar2 telah memberi pencerahan pada saya pribadi. mudah2an Blog yg didirikan dengan tiang2 yang kokoh (jujur), dan semoga selalu bertahan dari rayap.

    Sekalian deh ngenalin diri,.. saya ini orang biasa yang jauh dari luar biasa. lahir di jkt, hari2 cuma kerja jadi karyawan, Alhamdulillah punya seorang anak laki-laki bernama Ahmad Riza Al….. Pecinta Ahlul Bait dan mencintai orang-2 yang mencintai Ahlul bait… meski sempet dijauhin (mmm lebih tepatnya menjauhi) temen2 di kampus gara2 keliatan majang photo Ayatullah Khomeini dipojok kamar kost-san, (tapi sempet banyak yang dateng waktu banyak poster Iron Maiden dan Megadeth).

    Setelah baca artikel ini jadi pengen ikutan ganti nickname nih…. ada yang punya nickname ga kepake kah ?? hehehehe

    Selamat buat blog SP dan buat yang setuju dan tidak setuju dengan Blog ini.

  21. @truthseeker08

    Ngotot ama sehhh..

    Bukan ngotot, saya cuma menyampaikan apa yang menurut saya benar dan membantah apa yang menurut saya tidak benar :mrgreen:

    Hebatt…beruntung yang bisa melihat kekosongan di masa depan, berarti masih ada ruang yang bisa diisi.

    Masalahnya mau diisi dengan apa Mas 😦

    Hiihihihi..takut yaaa, banyak comment kayak gini, lama2 bisa ketauan identitas SP..

    Ah gampang, tinggal disensor doang :mrgreen:
    Salam

    @Abelardo

    Selamat buat Blog ini, baik Sang Pecundang atau yang ga Romantis tapi isi Blog ini benar2 telah memberi pencerahan pada saya pribadi.

    Terimakasih dan sama-sama
    *sambil mikir pencerahan apa yang ada di blog ini*

    Setelah baca artikel ini jadi pengen ikutan ganti nickname nih…. ada yang punya nickname ga kepake kah ?? hehehehe

    Lho kok bisa begitu?

    Selamat buat blog SP dan buat yang setuju dan tidak setuju dengan Blog ini.

    Sama-sama Mas 🙂

  22. banyak pilihan dalam permasalahannya, ad yg berani menghadapinya, dan ad yang dengan berat hati dan penuh penyesalanx menghindar dgn rasa penyesalan… dan aku adalah masuk dalam golongan k,dua dan selalu merasa menyesal dan menjadi pecundang

Tinggalkan komentar