Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka

Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka

Tulisan ini kami persembahkan kepada para pendengki Ahlul Bait yang senang sekali memuliakan orang-orang yang menyimpang dari Ahlul Bait. Tentu saja mereka tidak akan mau menunjukkan wajah asli kedengkian mereka terhadap Ahlul Bait. Mereka tidak mau menunjukkan terang-terangan kebencian mereka kepada Ahlul Bait oleh karena itu mereka melampiaskan kebencian itu dengan memuliakan musuh-musuh Ahlul Bait.

Mereka memuliakan orang-orang yang menyakiti Ahlul bait. Membela kesalahan mereka seraya berkata “itu cuma ijtihad” yang walaupun salah tetap mendapat pahala. Berbeda dengan mereka, Imam Ali justru mengakui kalau orang-orang yang menyimpang[pembangkang] seperti Muawiyah dan Amru bin Ash layak dihukum untuk kesalahan mereka.

حدثنا هشيم قال أخبرنا حصين قال حدثنا عبد الرحمن بن معقل قال صليت مع علي صلاة الغداة قال فقنت فقال في قنوته اللهم عليك بمعاوية وأشياعه وعمرو بن العاص وأشياعه وأبا السلمي وأشياعه وعبد الله بن قيس وأشياعه

Telah menceritakan kepada kami Husyaim yang berkata telah mengabarkan kepada kami Hushain yang berkata telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Ma’qil yang berkata Aku shalat bersama Ali dalam shalat fajar dan kemudian ketika Qunut Beliau berkata “Ya Allah hukumlah Muawiyah dan pengikutnya, Amru bin Ash dan pengikutnya, Abu As Sulami dan pengikutnya, Abdullah bin Qais dan pengikutnya”.[Al Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 2/108 no 7050]

Atsar ini diriwayatkan dengan sanad yang shahih sampai ke Ali bin Abi Thalib Alaihis Salam.

  • Husyaim adalah Husyaim bin Basyiir seorang perawi kutubus sittah. Ibnu Hajar menyebutkan biografinya dalam At Tahdzib juz 11 no 100 dan menyebutkan kalau ia dinyatakan tsiqat oleh Al Ajli, Ibnu Saad dan Abu Hatim. Ibnu Mahdi, Abu Zar’ah dan Abu Hatim memuji hafalannya. Dalam At Taqrib 2/269 Ibnu Hajar menyatakan ia tsiqat tsabit. Adz Dzahabi dalam Al Kasyf no 5979 menyebutkan kalau Husyaim seorang Hafiz Baghdad Imam yang tsiqat.
  • Hushain adalah Hushain bin Abdurrahman As Sulami Al Kufi seorang perawi kutubus sittah. Ibnu Hajar menyebutkan biografinya dalam At Tahdzib juz 2 no 659 dan menyebutkan kalau ia dinyatakan tsiqat oleh Ahmad, Al Ajli, Abu Hatim, Abu Zur’ah, Ibnu Ma’in dan Ibnu Hibban. Ibnu Hajar dalam At Taqrib 1/222 menyatakan ia tsiqat dan Adz Dzahabi dalam Al Kasyf no 1124 menyatakan ia tsiqat hujjah.
  • Abdurrahman bin Ma’qil Al Muzanni adalah perawi Abu Dawud seorang tabiin [walaupun ada yang mengatakan ia sahabat]. Ibnu Hajar menuliskan biografinya dalam At Tahdzib juz 6 no 543 dan ia dinyatakan tsiqah oleh Ibnu Hibban dan Abu Zur’ah. Dalam At Taqrib 1/591 ia dinyatakan tsiqat oleh Ibnu Hajar.

Atsar ini adalah sebaik-baik dalil yang menunjukkan bagaimana pandangan Imam Ali terhadap Muawiyah, Amru bin Ash dan para pengikutnya. Tentu saja para nashibi yang adalah Syiah-nya Muawiyah tidak akan senang melihat Atsar ini. Dan untuk mereka kita katakan “Matilah dengan kemarahanmu”.

53 Tanggapan

  1. Blog yang kreatif, tulisan yang inspiratif….keren.
    http://mobil88.wordpress.com🙂

  2. Mas SP

    Nnt menurut mereka (saat tidak ada jalan mendhaifkan riwayat) doa itu adalah doa kebalikan dari doa kutukan, persis sebagaimana doa Nabi saaw buat Muawiyah LA…

    Kita tunggu aja silat lidah mereka utk kesekian kali…

  3. Monggo yang ngerasa pengikut setia muawiyah cs., anda-anda udah didoakan tuh…, masih setia???

  4. Ya Allah,
    Bukakanlah hati saudara-saudaraku pengidola Muawiyah dan pengagum musuh-musuh Ahli bayt nabiMu.
    Dengan pelajaran Asyuro Karbalanya Al Husayn, disana ada kasih sayang, kesetiakawanan, ketegaran, maka kami mohon KAU pecahkanlah cangkang keras yang melingkupi hati mereka-mereka pembenci dan pengingkar ahli bayt, agar mereka sempat melihat cahaya terang seperti yang kami saksikan dan rasakan.

  5. Wak sy kira tadi apa…judulnya benar2 menipu saya.

    Jangan kecewa kalau para syiahphobia dan wahabiyyun tdk akan mengambil perhatian atas atsar ini. Masalahnya adalah bagi mrk doa apa pun yg keluar dari mulut Imam Ali tdk akan berpengaruh bagi keyakinan mrk. Lain halnya jika dikeluarkan oleh sahabat Abubakar, Umar atau Utsman. Bukankah Imam Ali hanya berada pada posisi keempat dalam hal keutamaan? Jangankan Imam Ali, laknat yg dikeluarkan Nabi saw thd gembong munafik & pemberontak ini pun oleh syiahphobia tak pernah diindahkan. Memang benar, hati mrk sdh tertutup cangkang keras.

    Salam

  6. “Wahai para junjungan ku, wahai para kekasih Allah.
    Karunai Allah atas kalian semua.
    Dan laknat Allah atas musuh2x Allah, yaitu yg menganiaya kalian dari awal sampai akhir.
    Amin ya rabbal alamin.”

    (Petikan akhir do’a Tawassul)

  7. Boleh dong kita ngamalin qunut tsb dalam setiap shalat kita, kan orang yang selalu bersama kebenaran telah mencontohkannya.

  8. YAh itulah Nashibi …. Yang tidak bisa menempatkan Salaf mana yang Shaleh dan Salaf mana yang patut Dilaknat….mereka menempatkan Seluruh makhluk yang bernama sAhabat dalam Satu Nampan bernama “keadilan”, mereka mencampurkan yang Haq dan yang batil , Fatwa “seluruh sahabat adalah adil” telah digembok rapat dan kebodohan mereka akan sejarah menyebabkan kunci gemboknya hilang mereka, maka hadirlah sekarang manusia2 tanpa pengetahuan dan fakta akan sejarah sahabat dan pembela dongeng “keadilan” buat seluruh sahabat bahkan manusia2 terkutuk seperti Muawiyah, Amr ibn Ash cs pun wajib dibela dan nashibi pun harus menutup mata akan fakta sejarah kemungkaran mereka karena mereka mendompleng gelar “sahabat” …

  9. Oyah [Al Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 2/108 no 7050] itu semacam kitab hadis atw kitab apa? Mohon penjelasannya

  10. hei. jangan asal comot aje pak. dalil2 tentang keutamaaan muawiyah radhiallahuanhu udah jelas, lantas untuk ape ente2 nyang genian dibawa2, ga lain dan g bukan asal mau buat rusuh n ngebelaian keyakinannya bukan,,,? yap so pasti itu, dari tadi disini dari awal kok banyak suara2 seperti bebek yah…? aneh

  11. @abu jufri yang tegar
    mas abu yang banyak tau tentang keutamaan muawiyah, kenapa mas abu tdk bantah saja artikelnya mas SP, kan gampang… minimal bermanfaat buat saya yang awam.
    ah… cari aman aj dripada di do’ain buruk olh imam ALI
    btw siapa yah yg bebek..?

  12. @Abu Jufri
    emang ada keutamaan Muawiyah LA selain sebagai orang tidak pernah di kenyangkan perutnya Oleh Allah SWT?

  13. @Abu Jufri
    Nashibi era sekarang membela nashibi terdahulu (Muawiyah dan komplotannya)..itu yang pantas disebut bebek

  14. Yang namanya pengikut kan tidak terikat ruang dan waktu.
    Prinsip pilihan bebas bagi manusia harus tetap diakui, maka para komentator harap menghormati pilihan sodara Abu Jufri dkk. untuk masuk dalam doa qunut Imam Ali as tsb.

  15. abu jufri, di/pada Februari 6th, 2010 pada 12:56 pm Dikatakan: r

    hei. jangan asal comot aje pak. dalil2 tentang keutamaaan muawiyah radhiallahuanhu udah jelas, lantas untuk ape ente2 nyang genian dibawa2, ga lain dan g bukan asal mau buat rusuh n ngebelaian keyakinannya bukan,,,? yap so pasti itu, dari tadi disini dari awal kok banyak suara2 seperti bebek yah…? aneh

    rasanya koment @ SP cocok buat tulisan diatas..

    Dan untuk mereka kita katakan “Matilah dengan kemarahanmu”.

    hekekek…kekek….

  16. Muawiyah LAKNATULLAH adl NASHIBI…begitu Juga Pengikut dan pemuja mrk Yaitu WAHABI AL NASHIBI.

  17. […] Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka […]

  18. ya allah, aku berlepas diri dari perbuatan para pembenci dan pembunuh keluarga nabiMU yg suci.
    ya rosul jauhakan aku dari pengaruh kejahatan si tokek anak tokek.
    ya imam ijinkanlah aku masuk melalui pintu ilmuMU dan jauhkan aku dari anak turun musuh2MU.
    salawat………………

  19. […] untuk sekedar jadi renungan hangat bagi mereka yang hoby menuduh dan mencela  jama’ah lain. Ingatlah Anda sendiri secara factual masih di dalam kesyubhatan yang benar-benar aktul. Wallahu A’lam. Categories: Agar Terungkap Jelas Tag:Arab Saudi, bid'ah, ibnu taymiyah, […]

  20. Yah hari gini msh ngebicarain pengikut muawiyah vs pengikut ali? Apa pentingnya? Toh mereka telah meninggal. Kalian sesama umat islam saling kafir mengkafirkan gara2 ini. Masih byk tuh diluar sana yg skeptis dan menganggap buruk islam. Eh kalian malah terkotak2 oleh org telah meninggal. Apakah yg percaya hadis tsb daif lantas berarti dia benci ali??? Sy rasa tidak.. G ada yg benci ali toh. Toh ali terkenal d sunni sbg khalifah ke4 yg baik n byk ilmu. Apa pula pentingnya mengungkit2 perselisihan masa lalu seperti ini? G ada manfaatnya selain memecah belah. Toh tuhan qt sama, allah swt, nabi kita sama muhammad. Jadi apa pentingnya dgn menganggap ali sbg washi rasulullah? Apakah ingin mengatakan agar menolak semua hadis yg bkn dari ali n keturunannya? apa pentingnya percaya ali adl washi rasulullah? Apa ada pengaruhnya pd saat diakhirat nanti kl prcaya ali adl washi rasulullah?

  21. artikel yg cukup baik, perlu untuk mendapat perhatian…
    http://mobil88.wordpress.com

  22. @ Abraham……………,

    Sering baca Alquran…………….?
    Klau ngaku muslim pasti sering, bahkan sebulan 1x katam. mungkin.
    Tau ga…………, sebagian isi dari Alquran adalah cerita / peristiwa2 masa lampau TAPI KOK SELALU DI BACA……….,DIULANG@ LAGI…………., DI SELURUH DUNIA LAGI………,
    salahin tuch yang nurunin Alquran.
    Satu lagi, Nabi Muhammad SAW sudah meninggal buat apa kita selalu bershalawat. kan sudah meninggal….,
    JAWAB!
    Makanya jgn sok bijak………………,

    salam

  23. @Abraham

    Persoalannya pasti jadi mudah jika pola berfikir anda diterapkan, namun saat perbahasannya menyangkut washi Rasul saaw, ia sekaligus menghubungkaitkan Allah SWT.

    Syiah mempercayai jabatan kekhalifahan ditetapkan Allah berdasarkan nash, makanya, saat umat menolaknya, secara tidak langsung penolakan itu terkait dgn perintah Allah…dan anda bertanya..” Apa ada pengaruhnya pd saat diakhirat nanti kl prcaya ali adl washi rasulullah?”

    Lalu, ketika umat menolak ketetapan Allah, apakah anda kira, mereka tidak akan dipersoalkan kelak di akhirat?

    Salam Damai

  24. @hadi
    Oh gt ya bro.. Berarti apakah bisa dikatakan percaya bhwa ali adl washi rasulullah mrpkn rukun iman? Lantas klo g percaya hal itu, apakah kami yg sunni2 ini bs dikatakan g lengkap imannya atau malahan bakal kena siksa y d akhirat?

  25. @zahra
    Saya pikir yang dimaksud Abraham itu pembicaraan yang bersifat pertikaian. Beda donk dengan pembahasan sejarah ataupun berita di AQ. Catatan sejarah maupun berita AQ bersifat pembelajaran.
    Nahh, diskusi disinipun bisa menjadi pembelajaran jika dilakukan dengan cara yang tepat. Tapi jika hanya saling memperolok maka hanya akan menumbuhkan permusuhan, itu yang coba dikoreksi oleh Abraham (kaleee….😀 )

    @Abraham

    apa pentingnya percaya ali adl washi rasulullah? Apa ada pengaruhnya pd saat diakhirat nanti kl prcaya ali adl washi rasulullah?

    Sangat disayangkan anda melontarkan pertanyaan yang tidak bermutu seperti ini. Pertanyaan ini tidak selayaknya disampaikan oleh anda yang sedang mempertanyakan pertikaian yang ada. Karena dengan pertanyaan ini anda sendiri terjebak pada pertikaian tsb.
    Tentu saja penting bagi mereka percaya bhw Ali adalah washi Rasulullah. Mempercayai ini bukanlah suka2nya mereka. mereka percaya karena mereka mencoba ta’at kepada perintah Rasulullah. Beda di keduanya (mereka yang percaya dan tidak) adalah pada penafisiran dan pembenaran dalil2 (AQ & hadits). Jadi mereka yang percaya Ali adalah washi Rasulullah, meyakini bahwa ada banyak dalil untuk itu. Jadi kalau anda mempercayai ada dalil tentang Ali adalah washi Rasulullah, tentu saja wajib untuk meyakini bahwa keyakinan tsb akan menolong anda. Nahh, di forum inilah diskusi ttg ini sedang dilakukan, hanya sayangnya ada beberapa orang yang tidak bisa menjaga sikap (termasuk juga saya) dalam berdiskusi.
    Mestinya anda bisa memberi nasihat yang lebih bijak, yaitu bahwa bagi mereka yang percaya maupun yang tidak percaya, maka pertanggungan jawab atas pilihan mereka adalah kepada Allah dan Rasul-Nya bukan kepada kita2 ini. Sehingga tidak ada perlunya masing2 memaksakan kehendak dan pandangannya.

    QS 3:134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
    QS 7:199. Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.
    QS 16:126. Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu[846]. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.

    Ini adalah akhlak Rasulullah dan ahlul bayt. Makanya tidak gampang jadi pengikut Ahlul Bayt.
    Jadi ini juga kritik bagi mereka yang beranggapan bahwa memaafkan dan bersabar adalah pembenaran thd perbuatan seseorang.. sama sekali tidak..!
    Jadi kita koreksi diri kita ketika kita mengaku pengikut Ahlul Bayt ketika kita belum bisa memaknai dan menjalankan akhlak mereka.

    Salam damai.

  26. Jadi ini juga kritik bagi mereka yang beranggapan bahwa memaafkan dan bersabar adalah pembenaran thd perbuatan seseorang.. sama sekali tidak..!

    Saya garisbawahi, inilah yang tidak dipahami oleh saudara kita yang salafy dan juga oleh para nashibi (kaleee):mrgreen:

  27. Upppsss..
    Tuan rumahnya ada tohhh…
    Maaf..maaf..maaf..😀

    Salam.

  28. Terima kasih atas diskusi yang sangat menarik. Salam hangat dari Doha.

  29. @Abraham

    Mempercayai dan patuh pada apapun suruhan Allah dan RasulNya adalah bagian dari keimanan, baik iitu rukun maupun bukan.

    Bukan hak kami utk menghukumi anda atau siapapun, namun, itu juga bukan hak anda utk mengatakan sesuatu yg tidak wjar bagi penganut mazhab lainnya…iya kan?

    Lalu, saat pemilik blog angkat bicara ttg tajuk ini, itu pilihan anda utk memilih dan menganalisa…ga mau terpulang deh….tak ada yg maksa

  30. @Abraham
    dulu sewaktu saya masih wahabiyin, pemikiran seperti anda bagi sy sdh terbiasa. utk apa mengingat2 lg mereka, toh mereka (para Nabi dan Para Imam) sdh meninggal…yaah sngat materialism minded lah. Bahkan berbicara Imam Hussein pun dulu bg sy dianggap tdk penting2 amat malah lebih sering berbicara Hikmah dr Abubakar, Umar dan Usman drpd Hikmah Imam Hussein dan Imam2 lainnya, utk apa menceritakan lagi tragedi karbala, kan Imam Husein skrg di syurga (sdh enak) tp kita malah belum jelas kemana akhirnya….seperti itulah pikiran sempit saya dulu.

  31. Syi’ah rofidhoh telah keluar dari islam, dan itu pasti! mereka bukan lagi islam! pengkhianat islam, pengikut yahudi lakatullah.

  32. @marinande

    Anda pasti itu? Jgn anda mulakan…kelak anda pasti malu

  33. Dimana itu akhlakul karimah..?
    Anda telah membuat sedih Rasulullah.

    Damai..damai..

  34. @marinande oost
    yaach ini orang, ga jelas juntrungnya..bukannya ngajak diskusi, datang2 terus main tuduh membabi buta..lagi kalap ni kali..bangun2, istighfar….

  35. Orang yangtidak mengenal imam zamannya pasti deh seperti orang jahiliah.

  36. […] Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka  Tulisan ini kami persembahkan kepada para pendengki Ahlul Bait yang senang sekali memuliakan orang-orang yang menyimpang dari Ahlul Bait. Tentu saja mereka tidak akan mau menunjukkan wajah asli kedengkian mereka terhadap Ahlul Bait. Mereka tidak mau menunjukkan terang-terangan kebencian mereka kepada Ahlul Bait oleh karena itu mereka melampiaskan kebencian itu dengan memuliakan musuh-musuh Ahlul Bait. […]

  37. Al-qur’an mengingatkan kita tentang siapa salah satu ulul albab itu di dalam surat az-zumar, yaitu “orang yang mendengar setiap perkataan dan kemudian mengikuti apa yang paling baik di antara semua perkataan itu”.
    Hemat saya membaca atsar ini, pada awalnya bukan wilayah perdebatan bahkan PERTIKAIAN apakah salah atau tidak jika mengimani ini, tapi baiknya, bagi sahabat-sahabat ahlul bait akan memperkuat keyakinan atas jalan ahlul bait itu, bagi yang bukan ahlul bait, atsar ini untuk menggali lebih lanjut tentang mengapa sikap imam ali (baca : ahlul bait) terhadap muawiyah dan amru bin ash.
    Banyak manfaatnya jika kita saling memahami, sehingga kelak kita akan menjadi satu ummat dengan kalimat yang sama. Mudah-mudahan Allah memberikan bimbingan dan kekuatan hati kepada kita semua. Aamiin..

  38. Ribuan Salafi Wahabi Masuk Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariah Setelah Membaca Blog Spektakuler Menggemparkan Ini : http://syiahindonesia1.wordpress.com

    dengan dokumen 7 buah

    1. Bukti Imamah Ali Yang Mengguncang Semesta ! Meruntuhkan Aswaja Sunni ———

    2. Guncang !!! Hadis Palsu Dalam Kitab Bukhari Terungkap !———-

    3. KAiDAH : HADiS YANG MERUGiKAN AHLUL BAiT ADALAH PALSU DENGAN SENDiRi NYA ——–

    4. Nabi SAW bilang tidak semua sahabat adil.. Kok Ulama Aswaja membantahnya !!! ———

    5. 12 khulafaur rasyidin Syi’ah Dizalimi Rezim Umayyah Abbasiyah Dan Kaitannya Dengan Kitab Hadis Bukhari Muslim————-

    6. SALAFi WAHABi MEMAKAi HADiS DHA’iF SYi’AH SEBAGAI BLACK CAMPAiGN ————-

    7. Kesalahan Terfatal Aswaja Sunni Karena Membela Rezim Mu’awiyah

    Ribuan Salafi Wahabi Masuk Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariah Setelah Membaca Blog Spektakuler Menggemparkan Ini : http://syiahindonesia1.wordpress.com

  39. yang g kenal Ali secara persis, pasti menyamakan dg yang lain. klu sama pasti nabi telah pilih abu bakar / umar / abdurrahman ibn auf jd menantu. tapi kan g pada kesampaian semua. masih baikan rasul ganti menjadikan 2 dr mereka sbg mertua. nyambung silaturrahmi lah……

  40. @ marinande
    jangan mulai main api lho…bisa-bisa nanti anda terpaksa kupas tu u punya kulit muka krn malu. Mendingan belajar dulu kayak aku, biar g gampang nyalahin orang. belajar obyektif, kalau g sesuai standar siapapun yang bs disalahkan. ok ?

  41. buat yg berlebihan menempatkan sahabat, kalau semua ‘udul ….alhamdulillah. Tp kenyataan pd suka main bunuh, gimana? JADUUUUUL…… aja ya, g usah UDUUUUUULLLL

  42. Nah klo Qunutnya Mu’awiyah & pengikutnya bunyinya gmn dab?

  43. Allohuma sholialaa Muhammad wa aali Muhamad

  44. SMOGA ALLAH SWT PANJANGKAN UMUR ANTUM YA SAUDARA .S,P ….( MAAF ANE BILANG SP KARNH ANE KAGA TAU NAMA ANTUM YG ASLI TP INTINYA ANE KASIH DO’A BUAT YG PUNYA BLOQ YG MENCERAHKAN INI ..

    ANE YG AWAM INI BISA TAU AKAN SEJARAH2 AHLULBAIT AS

    SALAM DAMAI DRI TANAH MALUKU ,,

  45. ANE JADI TAU SKRANG KLO TERNYATA ORANG2 WAHABI ITU SANGAT BENCI AME AHLULBAIT AS ..ALIAS KLURGA NB SAW ….

    SUKRON AKHI S,P SMOGA BLOK ANTUM BISA MENCERAHKAN MANUSIA2 YG INGIN MENCARI KEBENARAN …

  46. […] Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka Posted in Blog Pendobrak Kepalsuan | Tagged abu salafy, blog, blogger, salafy tobat, wahabi […]

  47. […] jadi renungan hangat bagi mereka yang hoby menuduh bid’ah dan mencela  jama’ah lain. Ingatlah Anda sendiri secara factual masih di dalam kesyubhatan yang benar-benar aktul! Wallahu A’lam. Posted in Tentang Wahabi | Tagged Arab Saudi, bid'ah, ibnu taymiyah, […]

  48. smua hadits yang ada di blog ini belum ada yang secara lansung menyebut mu’awiyah Anjing neraka, atau mu’awiyah laknatullah, atau mu’awiyah kafir….
    saya belum melihat Ali membenci Mu’awiyah seperti cara kalian…

  49. selama RASULULLAH SAW ga bilang dengan tegas ke ummatnya “bencilah muawiyah karna nantinya dia akan menyakiti keturunanku, kecamlah dia, bencilah dia, hinakanlah dia”. saya akan tetap dalam pendirian saya, bahwa hanya ALLAH SWT seadil adilnya HAKIM.. bukan tugas saya menghakimi ia yang benar ia yg salah saya sebagai bukan tugas saya juga menghinakan seseorang yang bahkan kasusnya MASIH ABU” (knp abu” karna klo debat sama orang yg kompeten dibidang pendukung muawiyah pasti akan ada aja buat mereka kebenaran ada aja dalil dalilnya) karna klo berdebat semuanya akan merasa yg paling benar karna kebenaran itu bagi manusia ada dipihak masing”, dan kebenaran yg hakiki ada di ALLAH SWT !. ALLAH YG TAU MANA BENAR MANA SALAH..

  50. belajar agama itu kepada guru agama jgn diguru sejarah, klo belajar sejarah baru ke guru sejarah jgn ke guru agama… klo mau tau sejarah ALI RA dan MUAWIYAH tanyalah ke guru SEJARAH..

    asal pada tau jaman khalifah ALI RA itu dijuluki jaman FITNAH.. makanya apapun yang terjadi di jaman itu kembalikan ke ALLAH SWT dan cukup mendoakan siapapun yg pernah berjuang bersama RASULULLAH SAW dan mendoakan semua kontribusi para sahabat RASUL agar senantiasa mereka mendapat rahmat ALLAH dan semua kesalahan para sahabar mohon doakan kembalikan kepada ALLAH SAW..

    pesannya cuma 1 : Shalat.. shalat.. shalat..

  51. @pemakai Otak dan Hati, agama itu apa sih? dan Sejarah itu apa? sepertinya dua2nya bisa terjadi distorsi ya? tolong dijelaskan secara ilmiah, terima kasih

  52. […] jadi renungan hangat bagi mereka yang hoby menuduh bid’ah dan mencela  jama’ah lain. Ingatlah Anda sendiri secara factual masih di dalam kesyubhatan yang benar-benar aktul! Wallahu […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: