Syiahphobia Bahkan Sampai ke Ayat-Ayat Cinta…?

Judul ini sedikit Provokatif, tetapi bukan berarti dibuat-buat. Munculnya ketika saya membaca tulisan aneh yang judulnya El Shirozy adalah Nisbat Syiah atau Yahudi…?. El Shirozy yang dimaksud adalah pengarang Novel legendaris Ayat-ayat Cinta.

Saya tidak tahu apa maksud tulisan itu, yang jelas sang penulis sudah menyebar keraguan seputar El Shirozy yang ada kaitannya dengan Syiah atau Yahudi Saya harap sih semoga tidak ada maksud untuk mendiskreditkan seseorang dalam tulisan tersebut. Walaupun saya menangkap kesan Paranoid dalam tulisan itu. lihat kata-kata ini

”Saya menduga ini ada kaitannya dengan nisbat di kalangan Syiah seperti nisbat Shadr dalam nama Mulla Shadr atau Muqtadha el Shadr. Atau kalau tidak, saya merasakan adanya aura Yahudi dalam nama itu.”

Walaupun ini awalnya adalah kata-kata dari teman sang penulis, dia sendiri akhirnya juga berkata

Setelah saya membaca sekilas tentang hal di atas, saya mulai bertanya apakah jangan-jangan benar apa yang dikatakan oleh kawan penulis di atas.

Penulis juga sempat mengaitkan film ayat-ayat cinta dengan Yahudi hanya karena lagu

Konon, pernah terjadi sebuah isu rencana pembantaian atas kaumYahudi di kota ini pada tahun 1910 (mungkin holocaust kecil), dikarenakan adanya isu atau rumor bahwa kaumYahudi memiliki niatan untuk membunuh gadis-gadis muslim. Namun, pada akhirnya kaum Yahudi yang tewas hanya sebanyak 12 orang sedangkan yang terluka sebanyak 50 orang. Sementara 6000 orang Yahudi lainnya yang tinggal di kota ini ditekan oleh rasa mencekam karena harta-harta mereka dijarah. Apakah mungkin juga atas alasan ini, muncul iringan musik soundtrack Schindler’s List dalam Ayat-Ayat Cinta The Movie…?

Atau hanya karena nama kota maka sang penulis mengaitkan Sang Pengarang Ayat-Ayat Cinta dengan Yahudi

Atau karena alasan bahwa Shiraz adalah kota tempat tinggal mayoritas Yahudi di Iran? Atau karena alasan lainnya? Sehingga, adakah keterhubungan antara soundtrack Schlinder’s list dan Yahudi dengan El Shirozy?

Sang penulis juga menebar syubhat kepada Habiburrahman El Shirozy yang ada kaitannya dengan aliran sesat(katanya sih)

Apakah maksud Kang Abik menggunakan kata El Shirozy di belakang nama Habiburrahman? Apakah karena kota itu menjadi daerah tempat lahirnya aliran Baha’i?

sebelumnya dia berkata

Di kota yang terkenal sebagai kota bunga dan kota anggur ini, juga dilahirkan seorang tokoh pendiri Aliran (Sesat) Baha’i, Sayyid Ali Muhammad. Pada 22 Mei 1844, dia mendeklarasikan misi pertamanya sebagai rasul pembawa risalah baru. Dan kemudian, dia menjadikan kota ini sebagai kota suci pengikut Baha’i dan kota tempat tujuan haji dan ziarah.

Semuanya adalah syubhat-syubhat yang didasari asumsi-asumsi yang lucu. Syubhat yang berkesan Paranoid terhadap Syiah dan Yahudi. Hanya karena nama kota di Iran yang notabene penduduknya Islam Syiah kemudian menisbatkan dengan hal yang aneh Padahal Kota Shiraz sendiri adalah kota yang menarik, lihat saja Lagipula apa gunanya semua syubhat itu? dan yang paling aneh adalah kata-kata terakhir penulis

Atau justru sebutan ”Kang” Abik yang berhubungan dengan ”Kang” Jalal alias Jalaluddin Rahmat yang notabene adalah penyebar akidah Syiah di Indonesia? Wallahu a’lam

Itu mau nyambung kemana sih, heran bener saya🙂 . sejak kapan panggilan “Kang” jadi aneh begitu😆 Tulisan saya tidak bermaksud menjelekkan siapapun, hanya menunjukkan betapa tidak bergunanya menebarkan syubhat-syubhat yang aneh yang bisa jadi justru dibenci sama yang bersangkutan dalam hal ini Habiburrahman El Shirozy sendiri.

23 Tanggapan

  1. Orang sunda syiah semua donk bro, kan dipanggil kang tuh.😆

  2. katanya…… yang ada lagu schindler list itu di bajakannya….
    katanya hanung lo ya………

  3. hahaha, kalo dalam dunia saya, tulisan tersebut termasuk dalam “jurnalisme katanya dan duganya”. Nggak jelas kebenaran dan faktanya…..

    dua, “BISA DIBILANG” (mengutip Kang Muis hehehe) si penulis tidak memiliki imajinasi yang tinggi sehingga tidak bisa menghasilkan novel sepopular Kang Abik. Tabik aahhh buat Anda….

  4. @danalingga

    Orang sunda syiah semua donk bro, kan dipanggil kang tuh

    Itulah Mas, Syiahpobhia bahkan mengorbankan kaidah logika yang jelas. Parah kan:mrgreen:

    @Mbak Ira
    he he he biasa nonton bajakan ya:mrgreen:

    @hilda alexander

    hahaha, kalo dalam dunia saya, tulisan tersebut termasuk dalam “jurnalisme katanya dan duganya”. Nggak jelas kebenaran dan faktanya…..

    Makanya saya bilang syubhat kalau tidak bisa dibilang ghibah sih🙂

    dua, “BISA DIBILANG” (mengutip Kang Muis hehehe) si penulis tidak memiliki imajinasi yang tinggi sehingga tidak bisa menghasilkan novel sepopular Kang Abik.

    Bisa dibilang saya tidak tahu apa-apa soal Sang penulis itu🙂

    Tabik aahhh buat Anda…

    Maksudnya?

  5. @secondprince
    Tabik=Salut

  6. Zaman fitnah, emang banyak prasangka..Demi Allah SWT, semoga dikau siapa saja yang menyulut fitnah sengaja atau tidak sengaja bertaubat kepada Allah SWT. Ya..Rabb kami masih saja suka prasangka seperti halnya tak jauh beda dengan gosipan selebriti..entahlah apa kita bagian mereka? Wallahu’alam

  7. Shiraz is the birthplace of the co-founder of the Bahá’í Faith, the Báb (Siyyid `Ali-Muhammad, 1819-1850). In this city, on the evening of 22nd May 1844, he first declared his mission as the bearer of a new divine revelation and for this reason Shiraz is a holy city for Bahá’ís and a place of pilgrimage. In 1910 a a pogrom of the Jewish quarter started after false rumours that the Jews had ritually killed a Muslim girl. In the course of the pogrom, 12 Jews were killed and about 50 were injured,[16] and 6,000 Jews of Shiraz were robbed of all their possessions.

  8. @farhan
    semoga saja tidak ada yang sengaja dan tidak sengaja menyebar fitnah🙂
    Kita berlindung kepada Allah SWT dari yang demikian

  9. @nn
    Logika parsial tidak bisa digeneralisasikan atau dikiaskan ke subjek yang lain
    Walaupun apa yang anda nukil benar, logika anda jelas tidak valid. Pengkaitan itu terlalu dicari-cari
    Apa yang anda katakan bukanlah satu-satunya karakteristik dari kota Shiraz. Ada banyak hal lain yang merupakan karakteristiknya, dan bisa jadi penisbatan terhadap kota itu gak ada kaitan dengan karakteristik yang anda sebutkan tetapi justru untuk karakteristik yang lain
    Semoga saja kita bisa sama-sama belajar
    salam

  10. saya kira tulisan yang menisbatkan MAs Habib dengan SYiah dan Yahudi cuma agar blognya masuk BOTD wordpress…

    sudah saya beri tanggapan … tentang itu karena kebetulan saya juga pernah nemenin Mas Habib di Malang dan pasuruan tanggal 24 pebruari 2008 kemarin, beliau cerita sendiri tentang nama el Shirazy.. yang ternyata… nama dari bapak beliau… dan agar terlihat sedikit “keren” maka kang abik pakai el – ketimbang al, katanya karena orang mesir kalo bilang al jadi el..

    link tanggapan saya :

    http://amaduq01.wordpress.com/2008/04/14/el-shirozy-adalah-nisbat-syiah-atau-yahudi-…/#comment-100

    =======================

    Itu mau nyambung kemana sih, heran bener saya . sejak kapan panggilan “Kang” jadi aneh begitu Tulisan saya tidak bermaksud menjelekkan siapapun, hanya menunjukkan betapa tidak bergunanya menebarkan syubhat-syubhat yang aneh yang bisa jadi justru dibenci sama yang bersangkutan dalam hal ini Habiburrahman El Shirozy sendiri.

    iya saya sendiri heran dengan orang-orang seperti itu.. dulu pas rame-2nya bocoran film ayat-ayat cinta di internet.. ada blognya temen dari salafi yang nulis… ” Ayat-ayat cinta lebih berbahaya daripada ayat-ayat setan ”

    luar biasanya sekali… dan yang pasti tulisan-tulisan semacam itu jadi masuk di Blog of The Day (BOTD) wordpress.

    wallahu’alam.

    salam dari malang🙂

    maaf kebanyakan🙂

    http://hmcahyo.wordpress.com

  11. @hmcahyo

    saya kira tulisan yang menisbatkan MAs Habib dengan SYiah dan Yahudi cuma agar blognya masuk BOTD wordpress…

    Wah saya kurang tahu Mas🙂

    sudah saya beri tanggapan … tentang itu karena kebetulan saya juga pernah nemenin Mas Habib di Malang dan pasuruan tanggal 24 pebruari 2008 kemarin, beliau cerita sendiri tentang nama el Shirazy.. yang ternyata… nama dari bapak beliau… dan agar terlihat sedikit “keren” maka kang abik pakai el – ketimbang al, katanya karena orang mesir kalo bilang al jadi el..

    he he he saya sudah lihat kok Mas disana🙂

    iya saya sendiri heran dengan orang-orang seperti itu.. dulu pas rame-2nya bocoran film ayat-ayat cinta di internet.. ada blognya temen dari salafi yang nulis… ” Ayat-ayat cinta lebih berbahaya daripada ayat-ayat setan ”

    Kalau begitu kita sama-sama heran ya:mrgreen:

    salam dari malang🙂

    maaf kebanyakan🙂

    Salam juga🙂
    Nyantai aja Mas, silakan

  12. ada ada aja…hehe…lucu. orang making pinter aja bermain semiotika di dunia maya!!

  13. y ampun….
    ada2 aja…saya aja ga pernah kepikira ampe situ tuh.
    entah otak sa ya yang terlalu pendek ato emg apa saya ga ngerti…
    ckck
    *geleng2 pala*

  14. @gentole
    lucu ya:mrgreen:

    @grace
    sama, saya juga gak pernah sampai kesana, walaupun sudah sepintar ini:mrgreen:
    *manggut-manggut*

  15. Hallo prince,

    Saya bukannya pro sama mas nih, tapi memang benar-bener aneh orang-orang ini. Ketika kita membahas masalah agama yang kenyataanya merupakan kesimpulan atau kutipan dari kitab-kitab ulama, mereka sebut kita Ruwaibidhah atau orang dungu yang sok bicara masalah umat. Ketika kita mensikapi mereka dengan lembut, mereka marah seperti orang yang jenggotnya dibakar. Ketika…..titik..titik..titik…

    Dan memang kebiasaan mereka adalah suka menghubung-hubungkan sesuatu dengan hal lain yang wallahu’alam sebenarnya hanya orang yang menulisnya saja yang tahu maksud dari tulisannya. Memangnya kita bisa baca apa yang ada dalam hati orang???🙄

    Subhanallah, semakin mereka bicara (menjelaskan sesuatu menurut anggapan mereka) yang nggak jelas, saya khawatir mereka akan semakin terpinggirkan. Dan kalaupun jadi populer kemungkinannya adalah akan memiliki ‘konotasi’ yang jeleknya saja.

    Harapan saya, semoga orang-orang yang merasa dirinya alim atau pandai agama, merasa paling selamat, merasa paling benar, merasa paling ditolong, bisa sangat berhati-hati dalam mengeluarkan statement-statementnya. Minimalnya orang tidak apatis apalagi sampai phobia terhadap Islamnya sendiri.

    Mengenai hal-hal sepele yang dipermasalahkan oleh mereka, prince atau siapapun bisa merujuk ke blog saya.

    Sorry ya prince, kebanyakan ngomong ni…. Thanks’ baby prince 😳

  16. @Ibnu Abd Muis
    Hallo juga Mas, ah bagi saya gak penting kok orang mau pro atau kontra sama saya🙂

    Subhanallah, semakin mereka bicara (menjelaskan sesuatu menurut anggapan mereka) yang nggak jelas, saya khawatir mereka akan semakin terpinggirkan. Dan kalaupun jadi populer kemungkinannya adalah akan memiliki ‘konotasi’ yang jeleknya saja.

    Ya semoga saja mereka akan menjadi lebih baik nanti, doakan saja Mas

    Mengenai hal-hal sepele yang dipermasalahkan oleh mereka, prince atau siapapun bisa merujuk ke blog saya.

    Sorry ya prince, kebanyakan ngomong ni…. Thanks’ baby prince

    saya juga sering ke sana, he he he masalah Ustad Abduh dan Ustad Luqman ya. he he he tetapi saya juga baca lho tulisan yang di Mas Antosalafy
    gapapa gak kebanyakan kok🙂
    Salam

  17. Wakakakakak
    udah jelas banget cara mikirnya gak beres😆
    sampai kata Kang saja di Syiah-syiahkan

  18. Heran juga ya,..padahal Habiburahhman El Shirazy itu khan kelahiran Semarang,..wong kuliahnya aja di IAIN Walisongo kalo nggak salah,..kenapa nggak mau disebut Mas,…

  19. tu kan baru “katanya” mas…
    napa jg sih mesti dibahas & napa jg ga skalian wawancara orang tuanya kang abik kenapa ngasih nama anaknya kayak gitu supaya ga jd su’udzon??!!!ntar masuk Neraka loch!!?
    truz masalah OST AAC bait yg mn yg mencerminkan yahudi???kayaknya pas2 bae deh!!teruuz what it’s Schindler’s List?????
    afwan…

  20. Soal penisbahan sdh biasa. Rasul aja menerima penisbahan. Ump Hadis maudhu/palsu mereka nisbahkan pd rasul. Yg ternyata palsu. Jd saya mengambil kesimpulan. Ijtihat syubhat hrs dinisbahkan yg kemudian dijmakan/ atau tdk dan pd akhirnya disebut bid’ah lalu jd sirik dan yg melaksanakan disbt musyrik

  21. Pertanyaan paling mendasar sajah.

    Emang syiah tuh bener apa ? Kan syiah memang aliran sesat ^_^

  22. @Muhibbin
    Mas keliatannya benci dan apriori dengan syiah. Kenapa mas?

    Damai….damai

  23. @almirza
    gak beres
    wah lumayan menusuk🙂

    @brewok
    saya nggak heran, tiap orang bebas mau dipanggil apa dan tidak mau dipanggil apa

    @perycantiq
    iya katanya begitu
    makanya saya gak percaya katanya🙂

    @aburahat
    penisbahan sih boleh saja, tetapi orang yang dinisbahkan kan bisa merasa-rasa
    Itulah masalahnya, orang yang dinisbahkan kadang tidak suka dengan penisbahan yang dilimpahkan pada mereka

    @Muhibbin

    Emang syiah tuh bener apa ?

    Syiah itu bener Islam
    *lagian siapa yang ngomong Syiah*

    Kan syiah memang aliran sesat ^_^

    Bagi saya, Pernyataan Syiah Aliran sesatsama nilainya dengan pernyataan Sunni Aliran sesat

    @armand
    Mas itu juga Syiahpobhia:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: