Hikmah Laskar Pelangi

Hikmah Laskar Pelangi

Hmm bagus lho, banget malah. Gak bakalan nyesel deh nonton Film Laskar Pelangi. Bukannya mau promosi tapi memang begitu kenyataannya. Menurut saya, Film ini termasuk dalam kategori “Sayang sekali kalau gak nonton”. Laskar pelangi bisa dibilang nama yang keren abis dan cukup menggetarkan. Sebuah Kisah yang memberi banyak

Soal cerita detailnya maka saya sarankan anda membaca langsung salah satu dari Tetralogi Andrea Hirata ini. Kali ini saya Cuma mau menggambarkan kesan saya soal Film Laskar Pelangi yang disutradarai oleh Riri Riza. Film yang diangkat dari sebuah Novel memang memiliki rasa tersendiri, tidak persis sama tapi cukup menggambarkan inti dari cerita. Dalam film ini juga saya menangkap kesan ada beberapa hal yang tidak nampak dengan jelas tapi itu tidak merendahkan nilainya bahkan seperti yang saya bilang punya nilai rasa tersendiri.

Film ini punya banyak sekali hikmah, saya seperti sedang Kuliah khusus soal kehidupan ketika menonton film ini. He he he maksudnya bukan seperti kuliah yang membosankan tapi ada banyak nilai yang benar-benar menjadi mutiara hikmah yang mungkin tidak akan pernah anda temukan dalam pengajaran di sekolah-sekolah.

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi, kisah sekelompok anak yang luar biasa dalam mencapai cita-cita. Ini drama kehidupan yang mewakili kisah para orang kecil. Kisah keteguhan dan kerja keras dalam mencapai impian, kemauan kuat dan kesungguhan untuk berjuang demi Nilai-nilai luhur. Sungguh Laskar Pelangi adalah kumpulan orang besar dalam tubuh anak kecil.😉

Lintang

Sebut saja Lintang misalnya, Ia seorang anak luar biasa. Bayangkan saja ia rela untuk menempuh jarak berkilo-kilo hanya untuk sekolah, seperti para orang tua-orang tua kita dulu. Kesungguhannya benar-benar membuat saya malu sendiri dengan apa yang saya jalani. Bagaimana tidak malu, jika saya dengan segala kemudahan malah tidak memiliki ketulusan dan menjalaninya dengan setengah hati. Lintang menempuh jarak yang jauh dengan bersepeda tetapi ia selalu yang pertama datang ke sekolah. Pada tahun ajaran pertama, ia juga yang pertama kali mendaftar sebagai siswa SD Muhammadiyah. Lintang, anak yang penuh dengan kemauan keras, anak yang punya potensi untuk menjadi orang besar walau pada akhirnya takdir berkata lain, Lintang memiliki ketabahan untuk membuat keputusan besar yaitu Meninggalkan sekolahnya dan menjadi kepala keluarga bagi adik-adiknya di usianya yang masih sangat muda. 😦

SD Muhammadiyah

Sekolah itu, aduh miris sekali saya melihatnya. Bangunan yang seperti mau roboh dan kalau malam jadi kandang kambing, Guru yang awalnya Cuma 3 orang hingga akhirnya tinggal satu orang, fasilitas yang serba kekurangan bahkan tidak ada sama sekali. Yang ada hanya tempat duduk, papan tulis dan kapur. Tapi di tempat bobrok itu berkumpul para Jenius kehidupan yang bersemangat menggapai Impian dalam Nilai-nilai luhur.

Tidak banyak yang mau mengajar di SD seperti itu jika memang mau dibilang tidak ada. Bu Mus dan Pak Harfan memang patut diacungi jempol. Mereka guru-guru yang luar biasa dan patut menjadi teladan para Guru.

Ibu Muslimah

Bu Mus rela menolak tawaran mengajar di SD yang bonafit demi SD bobrok tempat mendidik orang-orang miskin. Sungguh sikap ini punya Nilai keluhuran yang tinggi. Dalam perjalanannya begitu banyak rintangan yang dihadapi Bu Mus tetapi ia dengan tegar tetap bertahan mengajar di SD bobrok, Subhanallah Ya Allah betapa malu dan rendahnya diriku ini. Saya masih ingat saya sudah terkesan dengan Bu Mus sejak awal cerita ketika ia menunjukkan sikap ingin sekali supaya SD itu tetap dibuka, beliau bahkan berniat mencari satu orang siswa lagi supaya cukup memenuhi syarat 10 yang akhirnya memang tidak perlu, karena Harun sang penyelamat datang tepat pada waktunya.

Pak Harfan

Pak Harfan, beliau adalah gambaran yang mewakili para orang bijak. Idealisme yang begitu menawan dengan keyakinan yang luar biasa benar-benar membuat SD itu tetap berdiri walau hanya punya 10 murid. Mutiara hikmah kata-katanya benar-benar bernilai.

Jadilah Orang Yang Hidup Untuk Memberi Sebanyak-banyaknya dan Bukan Untuk Menerima Sebanyak-banyaknya.

Kata-kata yang membuat saya tertohok dan menguliti kesombongan saya yang menuntut banyak hal dari kehidupan. Menuntut banyak tapi apa yang telah saya berikan, sekali lagi betapa saya dibuat malu.😦

Mahar

Mahar, Sang Seniman kecil yang kreatif. Karyanya telah mengantarkan sekolah bobrok itu menjadi juara karnaval dan mengalahkan sekolah-sekolah yang bonafit. Mahar telah mengajarkan betapa suatu karya yang bagus bisa dihasilkan dengan cara-cara yang sederhana tanpa menguras banyak uang. Serahkan semuanya pada Alam, kata-kata yang lucu walau agak menggetarkan dan mengingatkanku dengan Hukum terbesar Alkemis

Jika Kau benar-benar menginginkan sesuatu maka Alam semesta akan bersatu untuk membantumu.

Memunculkan sesuatu yang luar biasa dari hal yang sederhana adalah Tipikal Jenius yang kreatif.😉

.

Kisah Yang Memberi Banyak

Sekolah itu seperti yang dikatakan Pak Harfan tidak mengukur kemampuan dari Nilai-nilai lahiriah seperti kebanyakan sekolah lain. Nilai Rapor, ujian dan materi tidak menjadi standar di sana tapi yang menjadi standar adalah Hati, Nilai-nilai luhur Akhlakul Karimah. Ya benar sekali dan saya rasa itulah yang membuat sekolah ini melahirkan para jenius Laskar Pelangi. Jenius kehidupan yang mengajarkan banyak nilai kehidupan, persahabatan, kesungguhan, ketulusan, kemauan dan kerja keras dalam mencapai Impian. Semuanya menjadi mungkin Jika berusaha.

Betapa banyaknya hikmah yang bisa diambil dan dalam kesempatan ini saya hanya bisa memberi sebagian saja, Film itu tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik. Kisah Yang memberi Banyak. Jadi saran saya Ajaklah keluarga anda untuk menonton Laskar Pelangi. Bangsa ini membutuhkan banyak anak seperti mereka.🙂

Salam Damai

.

.

Catatan :

  • Sebenarnya saya ingin sekali melihat Antagonisme Zahara dan A Kiong yang nampak jelas dalam Novelnya tetapi mungkin sisi itu kurang begitu menarik bagi sang Sutradara .😦
  • Ah maunya sih Film ini dibuat berseri aja biar seru :mrgreen:
  • Semua foto diambil dari situs http://www.laskarpelangithemovie.co.cc

10 Tanggapan

  1. Enak euy dah nonton. Aq nunggu versi cd nya aja biar bisa nonton bareng ma adek2 sepupuku.

  2. Sampe sekarang masih nangis kalo ingat nasib Lintang , Hiks….

    Tapi, emang sih ceritanya bagus banget. Apa lagi buat yang emang bergelut di dunia pendidikan seperti saya. Seandainya aja ada murid saya yang seperti lintang, mau rasanya memberinya bantuan…. *halah..* 😛

    Tapi, saya belum lihat versi Filmnya 😦

    Semoga aja, film laskar pelangi bikin Indonesia tersadar dan akhirnya BANGKIT! *semangat*

  3. saya pernah mewawancarai andrea hirata berkaitan dengan film laskar pelangi, ia mengatakan turut terlibat langsung dalam penggarapan film ini dari a-z agar keutuhan dan nilai film ini tetap terjaga, hasilnya terbukti kan??

  4. filmnya emang banyak memberikan hikmah buat semua. dari semua bagian film hampir semua memberikan hikmah yang bisa kita ambil dan kita gunakan dalam kehidupan sehari2. yang paling haru dalam bagian film ini adalah saat kepergian seorang bapak yang meninggal saat nelayan sedangkan anaknya baru saja mendapatkan juara cerdas cermat. sehingga sang anak yang mendapat juara tersebut harus mengurusi adik2nya seorang diri dan tidak dapat melanjutkan cita2nya.

  5. mendingan juga nonton film laskar pelacur…..

    hua hua hua

  6. @ressay
    enak juga lho nonton bareng🙂

    @Snowie
    saya kecewa dengan nasib Lintang
    tapi begitulah kehidupan🙂

    @adhin
    terbukti banget, bagus sekali🙂

    @ridan
    benar sekali, benar-benar pelajaran yang berharga🙂

    @suy
    sebenarnya saya ingin menghapus komentar anda
    tapi yah biar sajalah

  7. Kalau saya tidak tahu bahwa ini adalah real story maka saya akan menganggap ini adalah film/novel fiksi yang penuh dengan “kebetulan”.
    Namun karena novel/film ini berdasarkan kisah nyata maka “kebetulan2” yang real tsb menjadikan sebagai suatu keajaiban, sehingga novel/film ini menjadi sangat spesial dan seolah2 memang Tuhan mempersiapkannya khusus…😉

    Kebetulan2 (keajaiban2) yang berhasil saya kumpulkan (silakan ditambahkan jika tertarik) adalah sbb:
    1. Kebetulan salah satu dari mereka sukses dalam sekolah.
    2. Kebetulan yang sukses itu juga penulis.
    3. Kebetulan si penulis tsb tertarik membuat tulisan tentang laskar pelangi.
    4. Kebetulan tulisan itu ada yang mengirimkan ke penerbit.
    5. Kebetulan penerbit tsb tertarik untuk mengangkatnya sbg novel.
    6. Kebetulan novel Indonesia sedang naik daun.
    Itu adalah kebetulan2 dalam proses terbentuknya novel tsb.

    Berikut adalah kebetulan2 yang menjadikan cerita tsb menarik & bisa bergulir sebagaimana yang kita baca/tonton.
    7. Kebetulan gurunya adalah sekelas Ibu Muslimah.
    8. Kebetulan Ibu Muslimah punya obsesi yg luar biasa.
    9. Kebetulan ada si Harun.
    10. Kebetulan si Harun munculnya di detik2 terakhir shg menjadikan kisah ini dramatis (perlu diketahui dramatisnya kemunculan Harun secara psikologi membuat mereka punya motivasi lebih besar utk bertahan)
    11. Kebetulan si Harun sang penyelamat ini terbelakang akalnya. Sehingga memperkaya cerita.
    12. Kebetulan ada Lintang yg jenius dalam matematika.
    13. Kebetulan ada Mahar yang jenius dalam seni.
    14. Kebetulan mereka mengikuti lomba2 di Belitung.
    15. Kebetulan Lintang lolos dari hadangan buaya, shg bisa hadir dalam lomba cerdas cermat.
    16. Kebetulan lintang gagal melanjutkan sekolah shg Ikal terobsesi melanjutkan sekolah dan menulis.
    17. Kebetulan Lintang gagal melanjutkan sekolahnya dengan proses yg begitu dramatis,shg dendam Ikal menjadi semakin kental utk menutaskan cita2 Lintang.
    18. Kebetulan ibu Muslimah juga menjahit, shg bayaran mengajar bukan menjadi hal yang mengganggu.
    19. Kebetulan tidak ada adik2 kelas yang menyusul masuk di sekolah tsb.

    Kebetulan2 ini jika salah satunya saja tidak ada, maka akan lain kisahnya, bahkan mungkin kita tidak akan pernah tahu bahwa ada terjadi kejadian2 yang begitu dramatis, mencerahkan dan penuh dengan kejaiban.

    Begitu banyak kesan yang saya dapatkan setelah menonton film ini (dan mendengar ulasannya di Kick Andy), namun inilah kira2 yang begitu kuat terekam dalam benak & hati saya.

    Wassalam

  8. Salam

    sayang banget saya nggak pernah nonton Film nya

  9. Laskar Pelangi keren betoel🙂 Sudah selayaknya film Indonesia inspiring dan mencerdaskan seperti itu, nggak sekedar film yg ga jauh2 dari “kuburan” atau “selangkangan” he3x…

    Wah, gmn ya kalo besok ada film “Laskar Jihad”🙂

  10. haha udah 5 tahun masih aja di ulangi gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: